September 20, 2012

PHP (Pemberi Hrapan Palsu)

-->
Akhirnya apa yang selama ini gue takutkan jadi kenyataan. Gue jadi keingat pelajaran SMP dulu. Salah satu penyebab terjadinya pengangguran adalah ketidaktersediaan lapangan pekerjaan yang cukup, kurangnya keterampilan atau skill. Dan sekarang, gue nemuin satu teori baru. Ternyata tingginya angka pengangguran di Indonesia juga disebabkan oleh banyaknya remaja-remaja galau akibat gak lulus test dimana-mana kayak gue, yang masih bingung nentuin mau kuliah dimana dan akhirnya mutusin buat nganggur. Tanpa gue sadari, gue sudah menjadi beban negara. Gue sudah menambah satu angka pengangguran di negri ini.
Buktinya gue sudah punya kartu kuning. Kartu kuning disini bukan berarti gue pemain bola. Tapi, karu kuning dari DEPNAKER (Departemen Tenaga Kerja). Gue buat kartu kuning ini bukan tanpa alasan. Bukan karna ingin mendaftarkan diri dengan bangganya sebagai pengangguran. Tapi ini ada kisahnya guys.
Ada seseorang. Gak usahlah gue sebutin namanya siapa. Hubungannya sama gue apa. Tapi intinya melalui orang inilah cerita ini terjadi.
Setelah gagal test dimana-mana.
Orang tersebut nelpon gue dengan logat jawanya yang khas, “nduk, apa kabar?”
“Alhamdulillah baik, oom apa kabar?”
“Alhamdulillah baik juga”
“Sekarang kuliah dimana ndok?”
“Gak kuliah om, break dulu setahun”
 “Trus apa kegiatan sekarang”?
Saat-saat seperti ini. Ini pertanyaan yang paling gue benci.
“Gak ada om, dirumah aja”
“ini oom ada informasi dari DEPHANKAM, ada penerimaan untuk tamatan SMA.
Informasi pastinya dua minggu lagi. Jadi siapin aja bahannya dulu, biar gak tergesa-gesa. Biasanya tiap tahun terima untuk tamatan SMA.”
“bahannya apa aja om?”
“nanti oom sms”
*panggilan disamarkan*
Gue ngerasa ada semangat baru. Secercah harapan baru. Diibaratkan seberkas cahaya yang  hadir ditengah kegelapan. Gue mulai nyiapin segalanya.
Lo tau bahannya apa aja.
        Foto copy KTP yang bersangkutan, KTP orangtua (7 rangkap) di legalisir
        Foto copy AKTE KELAHIRAN (7 rangkap) dilegalisir
        Foto copy ijazah SD, SMP, SMA (7 rangkap) dilegalisir oleh sekolah dan Dinas Pendidikan
        Kartu kunig dari DEPNAKER (7 rangkap) dilegalisir
        Surat berkelakuan baik dari kepolisian SKCK (7 rangkap) dilegalisir
        Surat keterangan bersih diri SKBD (7 rangkap) dilegalisir oleh lurah, camat, polsek, koramel dan kodim
        Surat keterangan sehat dari dokter (7 rangkap) dilegalisir
        Surat pernyataan diatas matrei 6.000 (7 rangkap)
        Biodata yang bersangkutan (7 rangkap)
        Pas photo 4 x 6  (14 lembar)
Gila, gue shock tau gak sih lo. Mau masuk apa ini coba. Persyaratannya sebanyak ini, rangkap 7 semua lagi. Kenapa ga sekalian aja bunga tujuh rupa dan air dari tujuh sumur?. Mau diapain tu bahan? Buang-buang kertas.
Gue cerita sama nyokab. Minta saran sebaiknya gimana. Dalam keadaan seperti ini, cuma nyokab yang jadi tempat sandaran gue. Tempat gue numpahin air mata. Nyokab bilang, ya udah coba aja dulu. Nyokab ngasih kepercayaan penuh ke gue. Ngedukung penuh apa yang gue lakuin.
Ditengah gue lagi persiapan bahan. Tu orang sering nelpon. Nanya sebatas mana persiapan bahan gue. Setelah semua bahannya kelar dan siap. Pas hari H orang itu nelpon lagi.
“gimana bahannya nduk?”
“udah siap semua om”
“ini oom baru dapat informasi lagi”
“info apa lagi om?”
“Sebelumnya oom minta maaf ya nduk. Tahun ini, penerimaannya hanya untuk S1.”
Gue berasa kayak disambar petir tengah bolong. Gue udah berasa kayak digulung sama ombak, trus dihempas kepantai. Sakit tau gak. Nyesek banget rasanya.
Gue gak bisa ngapa-ngapain. Yang bisa gue lakuin cuma nangis. Nangis, nangis dan nangis lagi. Tu orang dengan mudahnya bilang “maaf”. Ha, maaf?? Cuma maaf?? tanpa tau gimana susahnya gue ngurus kesepuluh bahan itu. tujuh rangksp semua lagi. Gila.
Lo tau gak sih betapa susahnya buat SKBD itu, gue harus bolak-balik kantor polisi. Trus gue ke kelurahan, ke kecamatan, habis dari itu gue harus ke polsek, ke koramel dan terakhir ke kodim. Jarak dari rumah gue ke kodim ke koramel bukannya dekat. Jauhh tauu. Jauuuhhhhhhh.
Belum lagi waktu gue mau legalisir SKBD di polsek, gue diketawain sama polisi-polisi di penjagaan. Eerrrgghh, kesal tau gak. Datang sendiri, guenya malah diketawain. Mereka bilang gini: Dek, sekarang itu gak ada pake yang namanya SKBD. SKBD itu cuma dizaman ORBA tepatnya saat masa kepemimpinan Pak Soeharto. Mereka bilang gitu. Ya mana gue tau. Gue kan cuma ngelengkapi persyaratan. Gak usah diketawain gitu juga kalee. Gak lucu.
Capek tau gak. Mana gue ngurusnya sendiri. Mending juga gue dapat dengan mudah semua tanda tangan itu. Gue rasa lo tau sendirilah gimana lamanya nunggu orang penting. Mereka yang tanda tangannya gue butuhkan, jarang ada dikantor. Gue ngurus semuanya gak semudah membalikkan telapak tangan.
Coba lo bayangin, pas mau legalisir akte kelahiran di kantor capil, mereka bilang apa? Kata mereka, akte gue gak bisa dilegalisir disini. Akte gue harus dilegalisir di tempat akte ini dibuat. What?? Lo tau akte ini dibuat dimana?. Gue lahir di Padang, jadi otomatis orangtua gue ngebuat akte kelhiran gue di Padang. Dan lo tau gue tinggal dimana? Gue tinggal di Bangko.
Bangko – Padang itu gak dekat guys, lo butuh 8 sampe 10 jam perjalanan buat kesana. Gimana coba?
Saat mau legalisir ijazah,  ini yang bikin gue kesal. Okelah, waktu minta legalisir ijazah SD, SMP, SMA di sekolah. Gue bisa ngedapatinnya dengan mudah. Tapi, pas minta legalisir dikantor diknas. Semuanya gak semudah yang gue pikirkan. Gue harus nunggu antrian. Yang mau minta tanda kepala dinas itu banyaaaak, gak gue sendiri. Parahnya lagi, si pak Kepala Dinas yang terhormat jarang ditempat. Oh My God. Belum lagi ada oom-oom kesepian yang suka gangguin. Pas dipanggil oom dia ngotot minta dipanggil abang. Ingat umur WOO.. INGAT UMUUURR... Nah, trus kata-katanya yang sering bilang dia pengen main kerumah. Pas gue nanya emang tau rumah gue? Dianya malah ngejawab, tau yang cat ijo. Whatt?? Gue shock dari mana dia tau coba? Indra keberapa yang ngasih tau? Oh God.
Minta surat keterangan sehat dari dokter itu ternyata ribet juga ya. “Maaf dek, surat edarannya belum ada. Jadi, kami gak bisa ngasih surat keterangannya sekarang”. Udah gue jelasin begini begitu. Tapi mereka tetap aja kekeh gak mau ngasih. Ya udah, gue akhirnya mutusin untuk buat surat keterangan sehat di Puskesmas.
Kartu kuning. Buat kartu ini sebenarnya gue malu. Ngebuat kartu ini berarti secara gak langsung gue sudah mendaftarkan diri sebagai pencari kerja alias penganguran.
Dan bahan-bahan yang lainnya. Sama sulitnya.
Setelah semuanya gue tuntaskan, hasilnya apa? Gak ada. Emang benar-benar gak ada. Gue bukan cuma ngabisin materi, gue udah ngabisin waktu, tenaga, dan pikiran gue. Capek tau gak. Dan sekarang, semua bahan yang gue udah gue urus susah-susah, hanya jadi tumpukan sampah di pojok kamar. Gak ada gunanya.
Lo bayangin deh, gimana rasanya saat burung terbang trus tiba-tiba sayapnya ditembak. Dia bukan cuma nahan rasa sakit tapi jatuhnya itu yang malah bikin tambah sakit. Gak usah kasih gue sayap kalo cuma untuk dipatahkan.
*satu hal lagi yang pengen gue kasih tau sama  kalian (pembaca). Kalian tau gak sih, saat nulis postingan ini, gue nangis lagi*
#backsong – Peterpan, Melawan Dunia.

1 komentar:

umzakiya mengatakan...

iyaaa,, saya tau lika.,,
cemungudhhhh