Juni 03, 2012

SNMPTN


Dimata gue, orang yang lulus melalui jalur SNMPTN ujian tertulis itu benar-benar wahh. Gimana engga’, peminat SNMPTN itu bukan ribuan lagi guys, tapi udah nyampe ratusan ribu lebih.

Dan gue? Gue bukanlah terkategori orang yang wahh.

Dua kali nyoba SNMPTN, dua kali pula gagal. Dan gue gak berani nyoba untuk yang ketiga kalinya. *gak kuat, nangis mulu tiap pengunguman*

Kalopun gue ikut SNMPTN tahun ini, yang merupakan tahun ketiga gue ikut dan tahun ini adalah kesempatan terakhir  buat gue. Gue yakin, gue bakal punya pilihan yang berbeda setiap tahunnya. Padahal pilihan gue biasa-biasa aja, gak terlalu wahh. Tapi anehnya, gak pernah lulus.

SNMPTN pertama tahun 2010, gue test SNMPTN di Balairung UNJA - Jambi ambil IPC dengan pilihan pertama Psikologi UNAND, kedua Pendidikan Kimia UNP, dan yang terakhir Administrasi Negara UNP.

SNMPTN kedua tahun 2011, gue test SNMPTN di SMK N 1 Padang  - Sumatra Barat ambil IPA dengan pilihan pertama Arsitektur USU. Gila, sampe sekarang gue gak habis pikir. Kog bisa-bisanya gue ngambil jurusan arsitektur?. Buat garis lurus aja reot, gimana mau ngedesain rumah???? Gimana mau ngegambar yang lain??

Pilihan kedua gue, Ilmu Gizi IPB. Ngapain juga gue jauh-jauh ke IPB ambil ilmu gizi. Toh sebenarnya itu bukan cita-cita gue.

Bahkan, semua pilihan-pilihan gue buat masuk PTN melalui jalur SNMPTN dan jalur undangan, gak ada yang sama. Semuanya beda. Termasuk saat gue masukin bahan untuk NR (non reguler) UNP.

Kalo gue review lagi, gue udah nembak 7 jurusan untuk UNP. Tapi sayang, gak ada satupun yang jebol. Semuanya meleset.

Mulai dari jalur undangan. Gue milih undangan ke UNP dengan 3 pilihan.

Pilihan pertama, Teknik Pertambangan. Gue sebenarnya mikir gak sih, waktu mau ngambil ni jurusan. Tapi, yang menjadi motivasi gue buat milih jurusan ini karna daerah gue menjanjikan beasiswa untuk jurusan ini. Gue itu cewek ngapain di teknik. Teknik pertambangan pula.

Pilihan kedua, Pendidikan Kimia. Kalo kimia, gue akui. Gue emang cinta pelajaran ini. Ngarep banget bisa jadi guru kimia. Heheheehe

Pilihan ketiga, Pendidikan Bahasa Inggris. Kenapa gue milih ini? Ya, gue gak tau reason yang pasti. Yang ini gue asal pilih. Berharap jebol. Tapi ternyata tidak.

Dan untuk pilihan NR,

Pilihan pertama, Pendidikan Matematika.

Pilihan kedua, Kimia (lagi).

Pilihan ketiga, Akuntansi.

Pilihan keempatnya, gue lupa. Solanya asal pilih, dari pada satu pilihan dibiarin kosong.

Nah, tu kan. Gue slalu punya option yang berbeda disetiap kesempatan.

Sebenarnya, dari SNMPTN 2010, 2011 dan tahun ini kalo ikut lagi, gue pengen banget ngambil FK. Maklumlah, ini kan jurusan favorit bahkan sangat-sangat terfavorit. Tapi gue gak punya nyali yang lebih buat nyoba ambil jurusan itu. Lagian, pilihan kan disesuaikan juga dengan kemampuan.

Buat kalian semua para peserta SNMPTN 2012 semoga lulus ya. Tapi sayangnya, ujian tulis SNMPTN itu diibaratkan seperti medan perang. Dalam pertempuran gak mungkin menang semua, pasti ada yang berguguran saat perperangan. Apalagi melihat peminat ujian tulis SNMPTN dari tahun ke tahun makin membeludak

So, apapun hasilnya nanti itu lah yang terbaik untuk kita. Tetap semangat yaaaa.... Selamat berjuang. Ce-Mu-Ng-Ud ea peserta ujian tulis SNMPTN 2012 ^__^ Semoga keberuntungan itu ada bersama kalian.

Tidak ada komentar: