Mei 20, 2012

Kesenjangan Sosial di Jejaring Sosial


Garis pemisah di dunia maya begitu jelas terlihat, terbaca dan terasa. Lihat saja dari setiap status yang di update. Ada yang update status melalui iPhone, Android, BlackBerry, ada juga yang hanya update via web dan handphone seluler ataupun smartphone  lainnya.

 Ini kan gak adil. Keliatan banget bedanya antara facebooker yang update status melalui seluler biasa dengan facebooker yang update status melalui gadget berteknologi canggih. Dari status-status inilah tercover mana user yang high class, medium class, dan yang low class.
Gue class yang mana yaaa. . . .???????
Enakkan yang update status melalui “sahabat peterpan Indonesia”, melalui “satu hati yang terdalam”, melalui “pak pos”, melalui “Balckberry punya Ariel Peterpan”, melalui “handphone tetangga”, atau melalui kata-kata apalah.
Gue sih lebih doyan ngebaca yang ginian. Kesannya gimanaaa gitu, lucu aja. Lebih seru buat seru-seruan.
Ini baru namanya, social network  itu buat have-fun bukan pameeerr.
Tapi tetap aja terlihat, mana facebooker yang high-tech dengan yang gaptek, yang bisanya cuma nge-update, nge-like, ngoment, nge-add, konfirmasi, upload. More than it?? No more.
Kalo gue mah, gak gaptek tapi low-tech. Itu tu, low-tech yang sering gue beli di warung sebelah saat breakfast. . . hhahahahaha #garing
Buat yang gaptek bakal jadi wartawan dadakan. Mereka akan lebih sering nge-interview facebooker yang high-tech.
“koq bisa sih update status gituan, ajarin donkk”
“koq bisa sih tulisannya jadi biru-biru, caranya?”
“kog bisa, kog gitu, mauuuu donkk, ajarin donk, caranya?” segelintir pertanyaan ini bakal jadi pertanyaan lumrah. Yang gue sendiri gak tau gimana jawabnya. Pasalnya gue kan low-tech. Hohoho.
Mana  FB suka gonta-ganti tampilan lah. Ini  derita buat facebooker yang selevel sama gue “low-tech”.
Jujur ya, gue bingung sama tampilan FB sekarang. Tampilannya aneh menurut gue. Gue paling senang tampilan FB waktu pertama kali gue punya FB. Nah kalo sekarang? Ngeliatnya aja kagak deman. Apalagi maininnya. Gue jadi bingung mau ngapa-ngapain. Brasa hijrah ke dunia manaa gitu, gak nemuin way out, dan takut kesasar di dunia dalam satu layar (2DSL).
Dulu waktu pertama kali punya FB, kalo ada yang nge-add walopun cuma satu, wahhh girangnya bukan main. Apalagi kalo status gue dilike lebih dari satu jempolers, wahh lompatan gue bisa sama tingginya dengan pohon kelapa.
 Update status? Beeghh, jangan ditanya. Nyaris tiap detik. Mulai dari mata terbuka sampai terpejam. Mulai dari mentari terbit sampe terbenam, trus terbit dan kemudian terbenam lagi. Ya begitulah setiap harinya. Seperti kata pepatah,  tiada hari tanpa facebookan.
Nah kalo sekarang?? Mau yang nge-add ratusan, nge-like puluhan, ngoment satuan,  everything be common. Sekarang gue juga udah jarang update status. Buka FB paling cuma ngecek  notifnya doang, baca bentar, liat profil sendiri  trus log out. Udah gitu aja. Upload foto juga sih, sometime. Hehehe.
Apa situs pertemanan ini sudah mulai membosankan? Huhh, entahlah.  No bodies know and I don’t know but I feel.
*eh,eh. . koq jadi curcol gini yaaa. . . . :))
Kembali ke judul catatan gue mengenai kesenjangan sosial di jejaring sosial.
Gue sebagai user aktif di layanan 0.facebook.com ngerasa tersisih banget dari dunia ini. Tiap kali update status slalu ada embel-embelnya “baru saja melalui 0.facebook.com”.
 Tu kan, ketahuan kalo gue doyan yang gratisan. Kalo do’i tau gue sering update status pake layanan gratis dari operator. Gue kan jadi malu. Lagian sihh, si operator ngasih gratis facebookan pake di uber-uber ke dunia maya. Kalo dalam agama, ini kan namaya ria’.
Padahal sebenarnya, gayanya aja yang gratisan tapi pulsa tetap aja kesedot. Gue pengen complain ama si pemilik operator  tapi itu percuma. Kalo gue cuma berkoar-koar kaya begini, sama aja dengan bohong. Karna aspirasi gue gak bakal didengar yang ada malah diabaikan. Huhh, menyebalkan.
*ha.ha. . gue curhat mulu, ceritanya udah terbang kemana-mana :)) xixixixi
Postingan ini cuma paragraph argumentasi pendek. Gak ada sama sekali maksud untuk menyinggung siapapun. Yang intinya : Kesenjangan sosial itu bukan hanya terjadi di dunia nyata tapi juga sudah merembes ke dunia maya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

jadi curhat ya.. hehehehheheheh
lucu.... dan menggemaskan

kyaer mengatakan...

argumentasi pendek tapi ceritanya panjang hahahahaha
setuju dengan ni artikel